SE Asia Report: Ramadan berakhir, peluang pelatihan staf di Asia Tenggara

Edisi ke-112: Mei 2023

Poin Utama :

  • Ramadhan berakhir dengan lonjakan permintaan dan harga daging sapi yang dapat diprediksi sekitar Idul Fitri
  • Vietnam meningkatkan impor sapi tetapi telah melewati musim daging sapi

Meat the Market Asia – Tautan Podcast ( Spotify )

Meat the Market berbicara dengan petani lokal, pedagang , orang – orang nyata di Asia Tenggara sehingga Anda dapat memahami apa yang terjadi langsung dari mereka daripada langsung dari saya. Hubungi saya jika Anda memiliki cerita yang ingin Anda bagikan.

Indonesia : Sapi Steers AUD $5,40 / kg bobot hidup (Rp10.002 = AUD 1)

Ramadhan telah berakhir di Indonesia pada tanggal 20 April dengan perkiraan peningkatan konsumsi daging sapi untuk Idul Fitri , disebut juga Lebaran di Indonesia. Meskipun upaya terbaik dari Pemerintah Indonesia untuk menstabilkan harga melalui impor daging sapi India dan Brasil (pengiriman tertunda), harga daging sapi dilaporkan masih meningkat 30-50% hingga 170.000/kg di beberapa tempat dari tanggal 17 April (biasanya Rp 126.000). Di Jabodetabek dampaknya berkurang karena eksodus orang dan dua periode liburan yang terjadi di Indonesia tahun ini dari tanggal 19 hingga 25 April dan 26 April hingga 2 Mei. Perdagangan di Jabodetabek sebagian besar kini sudah kembali normal setelah masa-masa lebaran saat ini telah berakhir.

Jumlah pemotongan umum termasuk sapi lokal dilaporkan naik 3-5 kali lipat dari jumlah normal sepanjang Lebaran dengan konsentrasi di daerah yang lebih terpencil. Untuk sapi Australia di feedlot terdapat laporan yang beragam dengan beberapa peningkatan permintaan dan harga, sekali lagi sangat bergantung pada lokasi feedlot. Jumlah pemotongan telah pulih di wilayah Jabodetabek hingga pra-Ramadan, tetapi masih di bawah throughput pra-COVID.

Podcast bulan ini saya bertemu dengan Pak Handi dan kami membahas Ramadhan dan beberapa pertimbangan untuk perdagangan hilir dari daging sapi potong lokal dan impor. Perusahaan induknya Citra Agro Buana Semesta (CABS) terkenal di Australia dan mereka mengimpor sapi Australia sejak pertengahan 1990-an ke feedlot mereka di Jawa Barat. Ia bekerja di anak perusahaan bernama Berkah Citra Agro yang bertanggung jawab atas penjualan daging sapi di wilayah Bandung antara lain daging sapi olahan dari sapi impor Australia, daging sapi beku impor, dan daging kerbau India (IBM). Mereka telah melihat peluang dan kebutuhan untuk memperluas ke hilir dan mereka telah berinvestasi di restoran, penjualan eceran, dan penjualan grosir.

Agro Meat Shop di Bandung menjual hasil bumi hyperlocal . Sumber: https://agromeatshop.com/

Mereka terus menghadapi tantangan dengan menjual semua daging secara menguntungkan. Ini merupakan tantangan bagi semua bisnis perdagangan daging, tetapi bahkan lebih menantang ketika perusahaan memproses volume ternak yang relatif rendah dan memiliki permintaan variabel untuk pemotongan yang berbeda. Mereka telah mengkompensasi dengan menyelamatkan pemotongan dari ternak pedagang lain yang menggunakan rumah potong yang sama dan digabungkan dengan daging sapi impor untuk memenuhi permintaan pelanggan mereka. Mereka juga menjual ternak mereka ke jalur modern dan jalur tradisional seperti pasar tradisional. Dan meskipun hanya sejumlah kecil pemotongan dari sebagian kecil ternak mereka yang masuk ke jalur modern, mereka percaya ini adalah cara penting untuk membuktikan bisnis mereka di masa depan, menciptakan perbedaan, dan tetap menguntungkan dengan impor sapi hidup.

Diskusi ini menarik untuk melihat tantangan yang dihadapi bisnis di Asia dan beberapa masalah dan solusi unik yang harus mereka temukan. Namun sebagian besar permasalahannya sama dengan yang dihadapi di seluruh dunia, artinya selalu ada peluang untuk mendukung perkembangannya. Ini juga merupakan pemeriksaan yang baik tentang pentingnya diversifikasi dalam pasar yang berkembang, dan potensi sinergi antara modern, tradisional, kotak, dan hidup.

Seperti yang dilaporkan bulan lalu, situasi LSD dan PMK di Indonesia agak terkendali dan mirip dengan apa yang kami amati di seluruh wilayah Asia Selatan. Dalam webinar baru-baru ini yang diselenggarakan oleh Federasi Petani Nasional pada tanggal 4 Mei, pemodelan menunjukkan bahwa risiko PMK dan LSD kini berkurang, tetapi penting untuk tetap waspada, terutama di wilayah utara. Situs web pelaporan PMK Indonesia tampaknya hidup kembali dengan 12 juta dosis vaksin dilaporkan diberikan untuk semua spesies, tetapi ini secara efektif tidak ada perubahan dari laporan terakhir di bulan Maret.

Larangan Ekspor Langsung Brasil

Seperti yang sebelumnya dilaporkan oleh Beef Central, seorang hakim pengadilan Brasil telah bergerak untuk melarang ekspor sapi hidup dari semua pelabuhan di negara tersebut. Brasil mengekspor pengiriman 14.000 ekor sapi ke Vietnam pada akhir tahun 2021 dan sering dikabarkan akan mengirimkan pengiriman ke Indonesia.

Kecil kemungkinan larangan Brasil akan ditegakkan di pengadilan yang lebih tinggi karena pemerintah mendukung perdagangan tersebut. Mungkin tidak cukup untuk menghalangi diskusi perdagangan secara signifikan. Penting untuk dicatat karena baik Brasil maupun New Zealand baru-baru ini melarang pengiriman ekspor ternak hidup adalah pengingat yang baik untuk ekspor ternak hidup Australia akan semakin pentingnya kesejahteraan hewan secara global termasuk di tempat-tempat seperti Brasil.

Filipina: Sapi Potong Steers AUD $3,71 / kg bobot hidup (P 37,7 = AUD 1)

Harga daging sapi dan sapi potong steers di Filipina relatif konstan selama sebulan terakhir. Knuckle daging sapi di pasar tradisional sekitar P. 560 dan supermarket P. 600. Harga sapi potong steers di Mindanao antara P. 130-140 dan satu-satunya perubahan signifikan dalam AUD adalah karena perubahan nilai tukar.

Obrolan kedua yang kami lakukan bulan ini adalah dengan Raymond Hernandez dari RSRH Livestock di Filipina. Raymond dan saudaranya Richard adalah peternak sapi generasi ketiga dan merupakan salah satu dari dua importir sapi Australia yang tersisa di Filipina. Mereka mulai berinvestasi dalam rantai pasokan mereka beberapa tahun yang lalu dengan rumah potong hewan modern dan selama COVID mereka perlu mencari sumber pendapatan lain dan berinvestasi di toko daging sapi dan restoran untuk melengkapi distribusi mereka ke layanan makanan.

Richard dan Raymond kini mengolah 45 ekor sapi per hari menjadi rumah potong berkualitas tinggi, jumlah yang mengesankan di Asia Tenggara. Hal yang paling mengesankan tentang bisnis RSRH adalah semangat untuk industri lokal dan mendukung kondisi yang lebih baik bagi para pekerjanya dan mempromosikan produksi lokal. Keluarga mereka telah berkecimpung di industri peternakan selama 52 tahun dan mereka adalah feeder sapi yang baik, jadi menjelajah ke hilir merupakan kurva pembelajaran yang sangat besar bagi mereka.

Rumah potong hewan RSRH. Rumah potong hewan berstandar daging tinggi juga menawarkan pelatihan tenaga kerja. Sumber: https://rsrhlivestock.com.ph/

RPH RPH disertifikasi untuk pelatihan staf dan terbuka peluang untuk berkolaborasi dengan RPH Australia atau perusahaan perekrutan tenaga kerja . Dan mereka ingin terus membangun hubungan yang lebih besar dengan Australia di masa depan, di luar perdagangan dan kemitraan.

Vietnam : Steer AUD $5,03 / kg bobot hidup (VND15.905 = AUD 1)

Tidak banyak perubahan dalam situasi di Vietnam selama sebulan terakhir dalam hal harga dengan steer sekitar VND 82.000. Terjadi peningkatan yang stabil dalam impor yang masuk ke Vietnam selama bulan Maret dan April dengan 20.721 sapi yang sekarang diimpor ke Vietnam pada tahun 2023 naik dari 7.730 pada tahun 2022 tetapi turun dari tingkat sebelum COVID yang biasanya di atas 50.000 ekor saat ini. Impor tersebut meliputi 30% sapi indukan dan 70% sapi potong, namun tidak ada sapi bakalan. Ada kemungkinan bahwa kita akan melihat beberapa peningkatan pasokan ke Vietnam sepanjang tahun karena lebih banyak ternak yang tersedia dan para pedagang mencari impor oportunistik. Minimnya impor bakalan merupakan indikasi bahwa pedagang Vietnam memperkirakan harga akan terus turun.

Namun prospek umum untuk ekspor ternak hidup ke Vietnam tidak berubah sejak laporan sebelumnya. Dan kami memperkirakan penurunan konsumsi daging sapi tahunan selama musim panas, terutama di bagian utara Vietnam. Sejak awal tahun importir TnT- 159 bangkrut dan diketahui Hoa Phat , importir sapi hidup terbesar di Australia, memiliki beberapa feedlot untuk dijual.

Sehubungan dengan pengembangan pasar, pada tanggal 19 April San Ha Company Ltd (Vietnam) bermitra dengan Response Group International ( Aus ) untuk meluncurkan “Australian Meat School”. San Ha adalah perusahaan yang berbasis di Kota Ho Chi Minh dan memiliki sejarah panjang dalam pengolahan dan penjualan unggas dan daging olahan. Kerja sama dengan Response dirancang untuk mengembangkan pabrik pengolahan daging berstandar Australia dengan keamanan dan efisiensi pangan yang lebih baik. Mereka sekarang mendiversifikasi penawaran produk untuk juga memasukkan daging merah dan toko daging baru. Ini merupakan perkembangan baru yang menarik dan potensi untuk mendukung pengembangan keterampilan di Vietnam untuk industri pengolahan daging yang lebih luas, termasuk untuk sektor daging merah di Australia.

Dr Rodd Glass – Response International dan Mr. Nguyen Doan Giang – Deputy General Director San Ha pada upacara pembukaan. Sumber: VN Express

Australia Utara (AUD $4,00)

Harga di Australia Utara tetap stabil di Darwin (Feeder steer AUD $4,20) dan turun di Townsville (Feeder steer $3,40) dan kami telah melihat pergeseran dengan lebih banyak pengiriman keluar Townsville daripada Darwin di bulan April.

DAFF melaporkan Nomor ekspor untuk berbagai pelabuhan di Australia hingga akhir April. Untuk angkutan laut keluar dari Australia, saya telah melihat aktivitas pelabuhan dalam 4 bulan pertama tahun ini ke tujuan utama Asia Tenggara dan juga telah melakukan perbandingan dengan volume impor pra-COVID pada tahun 2019, mencatat bahwa ini adalah tahun yang baik untuk hidup ekspor dan angka-angka ini harus dilihat seperti itu.

 2022 (April)2023 (April)IndonesiaVietnamCinaLainnya
Darwin65.131*59.885**56.1903.395
Townsville16.56536.66224.15611.1251.381
Fremantle18.70218.0903.1759.5963.0652.254
Portland**39.50827.2041.25023.9382.016
Wyndham3.5763.6083.608
Broome12.475
Total155.957145.44988.37920.72127.0039.346
 2019 PraCOVID306.904182.79270.29139.33214.489

*Darwin 2.900 ekor kerbau ke Indonesia **1.431 ekor kerbau ke Indonesia, Malaysia, dan Brunei

** Portland semua sapi peternak

Steer Thailand AUD $4,59 (Tb 22,86 =  AUD 1)

Tampaknya ada sejumlah besar sapi Thailand lagi di seluruh Vietnam meskipun perbatasan dengan Laos tetap ditutup secara resmi. Diasumsikan bahwa sapi Thailand transit melalui perbatasan Kamboja-Vietnam yang kurang diatur dan kemudian diangkut dengan truk ke utara. Meskipun ada peningkatan biaya dalam mengambil rute ini, agregator dan pedagang di Thailand dan Laos perlu terus memindahkan ternak untuk meminimalkan kerugian. Risiko yang terlibat dalam perdagangan dari Thailand ke China dan Vietnam dibahas lebih detail di edisi terakhir dan di Podcast dengan Pui dari Loong Chow Farms di Thailand. Sebaliknya harga relatif stabil dengan harga bull lokal di Tb 105/kg.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share the Post:

Related Posts

Vietnam Animal Welfare

Vietnam’s Animal Welfare Journey Vietnam’s progress in animal welfare, particularly in the livestock sector, has been noteworthy over the past

Read More